Jumat, 23 Agustus 2013

The Temper Trap - My Sweet Disposition




Pertama kali denger lagunya itu waktu lagi kerja, di tipi ada lagu enaaakk banget. Langsung aku cepet - cepet keluar dari meja counter buat ngeliat tipi dan ternyata lagunya berjudul Need Your Love dan dinyanyiin sama band The Temper Trap. langsung deehhh mencari tau tentang band ini.

The Temper Trap

Asal : Australia
Personel : Dougy Mandagi ( vokal, guitar ), Jonathon Aherne ( bass ), Lorenzo Sillitto ( guitar ),  Toby Dundas ( drum )

Dari nama - nama mereka itu pasti udah ketebak kalo si Dougy bukan warga asli Ostrali.
Yaaaakkkk!!! Doi itu orang manado, manado kitaaaahhhh !!!!! Indonesiaaaaaa!!!!!
Jadi katanya sejarah, si Dougy ini dulu kuliah di ostrali, terus ketemu sama temen-temennya ini jadi deh ngebentuk band The Temper Trap ini.. Aku bangga lhoo waktu pertama kali tau kalo si Dougy ini orang Indonesia. :) Kalo diperatiin, memang ada cengkok nuansa timur di dalam suara si Dougy. Yaahh mungkin aku memang sok tau ya kalo soal musik, tapi berhubung aku ini penikmat ( bukan ) pemerhati musik, jadi ya memang dari pertama denger lagu Need Your Love ini, kayak dialeknya falsetto falsetto gimanaaaa gituuu ^&^**& ( ngomong apa sih ). 

Nama aslinya Abby Rai Chrisna Mandagi, katanya dari kecil dia ini emang udah aktif di kegiatan keagamaan dia buat nyanyi. Nah pas kuliah di Ostrali, dia mulai ngeband keliling. Selanjutnya berkembang hingga untuk pertama kali industry musik yang lebih besar melirik band tersebut saat tampil di Musexpo di London (Oktober 2008), dan setelah penampilannya di South by Southwest (Maret 2009), BBC memasukkan The Temper Trap dalam Top15 Sound of  2009. Di bawah pimpinan Dougy, band ini telah menghasilkan satu kumpulan single dan sebuah album ‘Condition’ (Juni 2009) melakukan tour keliling Australia, Amerika, Eropa, dan Asia (pernah mampir juga ke Indonesia) dengan tiket selalu sold out, menyambangi venue & festival bergengsi dan mendapat banyak penghargaan seperti ARIA Award 2010, APRA Award 2009, dll. Bahkan di tahun 2011 mereka mendapat nominasi di ajang BRIT Award yang bergengsi itu.

Musiknya mereka ini lebih beraliran Inggris , karena referensinya kayak U2, Radiohead, sama David Bowie, Prince gitu

Kabarnya , sekarang ini mereka menetap di Inggris, jantung musik rock dunia. Dan setelah hampir 2 tahun bekerja keras, tour keliling dunia tanpa henti, di tahun 2011 dikabarkan mereka menyepi ke sebuah studio tepi pantai di Spanyol untuk merampungkan album keduanya.

Yang aku suka dari Dougy adalah, penampilannya yang nyantai jauh dari kesan glamour setiap kali manggung. Seringnya cuma pake kaos oblong , jins, jaket, paling sama topi kadang - kadang. Aku, sebagai cewek, suka sama penampilan cowok yang kayak gini. Ga lebaaiiii Ga kayak band band antah berantah yang rambut dipanjang panjangin di cat cat sepatu segede kapal jaket semewah mobil atau entahlah kalung menjuntai juntai. Cowok ( band ) yang kayak gini ini yang menarik dan worth it. Yang dijual itu kualitas, skill, dan memang pantas dihargai.. Dan kabarnya walaupun kadang ada komentar miring sedikit rasis berhubung face nya Dougy paling beda mencolok sendiri dibandingkan anggota band lainnya, dia tetap santai aja ga terpengaruh isu isu kayak gitu :) 



Kita harus berbesar hati, The Temper Trap selalu dikenal dunia sebagai band kebanggaan Australia yang kini berkiprah di Inggris, dan dari komen-komen yang aku baca di internet betapa kehadiran band ini menimbulkan rasa nasionalisme orang Australia (bahkan ada yang mengklaim Dougy lahir atau besar di Australia atau Dougy berdarah belasteran).

Sebaliknya dalam wawancara di media manapun, dengan natural ia mengatakan bahwa dirinya adalah seseorang yang lahir & besar di Indonesia, dan betapa musik yang ia dengar di masa kecilnya sangat mempengaruhi dirinya sekarang.
Pada akhirnya setiap orang hanya perlu terus berkarya dengan sesuatu yang ia cintai. Karena tanpa banyak ribut pun, bermodal kulit dan garis-garis wajahnya, Dougy sudah menggeser banyak nilai di kepala para penggemarnya di dunia barat maupun timur, tentang apa yang bisa dilakukan oleh seseorang berkulit sawo matang, khususnya orang Indonesia… Bahwa superior maupun inferior dari sebuah bangsa atau ras adalah absurd.

Lagu Lagu Best Recommend :
  • Need Your Love
The Best Opening for me, karena dari lagu inilah aku suka The Temper Trap :) videonya tentang cowok yang kalah dalam pertandingan dan butuh guru yang benar benar mengajarinya selain ilmu juga kasih sayang ( Ahzeek :D ) . Its a better first single :)

  • Trembling Hands 
 The 'big' track on the album. We can see it in videos concert they're being played in stadiums to a thousands of crazy fans singing together "So throw me a line". A really great track which doesn't have a bad moment.  Somebody out there help me....
  • Sweet Disposition
Justru ini adalah lagu yang ngetop di luaran sana , bahkan dijadiin OST dari film 500 Days Of Summer yang dimainin sama Zoey Deschanel :) dan juga dijadiin OST iklan Coca Cola versi sono dah pokoknya.. Lagunya tentang keoptimisan kita dan Semangaattt!!!
  • Sea Is Calling
Lagu yang lembut dan paling enak buat akustikan. Gimana ketukannya dan hentakan lembut serta petikan merdu gitarnyaa.. ahhhhhh membawaku terhanyut ke dalam alam kedamaian ( abaikan ). Tapi serius, its A beautiful track where the guitars really flow with the vocals. One of the highlights of the album.
  • This Isn't Happiness
Another synth heavy track which has a really cool sing-along chorus. An impressive track vocally as well. 
  • Miracle
Dougys vocals get a workout in the chorus and the build-up of the track is impressive. The guitar riff in the chorus is clever.

Nah segitu dulu soal The Temper Trap, moga aja bagi yang udah baca ini jadi suka.. hehehhee.. tapi kan musik memang bukan untuk dipaksakan, tapi buat dinikmati. :)

  

Tidak ada komentar: